PROFILE STEI DAQU MINAK SELEBAH




A.   Visi STEI Darul Qur’an Minak Selebah
“Menjadikan STEI Darul Qur'an Minak Selebah sebagai Perguruan Tinggi Islam yang berdaya, modern, mandiri dan berkuatitas dalam memberikan layanan Pendidikan, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bernafaskan Islam”.

B.   Misi STEI  Darul Qur’an Minak Selebah
1.    Mengupayakan pendidikan yang memiliki keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan emosi dan intelektual, jasmani dan rohani, pribadi dan sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kearifan tradisional.
2.    Mengantarkan mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keluasan ilmu keislaman, kematangan profesional, kedalaman aqidah dan keluhuran akhlak.
3.    Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan lain melalui pengkajian dan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan cakrawala pemikiran dan memberi kontribusi terhadap konsep - konsep pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.
4.    Memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pengabdian alumni yang lebih profesiona! sesuai dengan tingkat perkembangan dan dinamika masyarakat.
5.    Meningkatkan akses informasi pendidikan yang luas dan berkualitas, didukung berbagai sumber pembelajaran dan fasilitas pendidikan yang memadai.
6.    Menyiapkan generasi muda masa depan yang menguasai              Al-Qur'an dan ilmu pengetahuan dan teknologi.
7.    Menyampaikan pendidikan dan pengajaran dengan prinsip santun dan menyenangkan.
8.    Membentuk generasi terdidik penghafal Al-Qur'an.
9.    Mengantarkan mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keluasan ilmu keislaman, kematangan profesional, kedalaman aqidah dan keluhuran akhlak.
10. Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan lain melalui pengkajian dan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan cakrawala pemikiran dan memberi kontribusi terhadap konsep - konsep pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.
11. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pengabdian alumni yang lebih profesional sesuai dengan tingkat perkembangan dan dinamika masyarakat.


C.   Operasionalisasi Misi STEI Darul Qur’an Minak Selebah
1.    Misi tersebut diatas akan direalisasikan berdasarkan kekuatan yang dimiliki STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur, berupa: (1) penggunaan informasi yang baik; (2) staf pengajar yang kompeten dan tinggi mutu kemampuan dan pengabdiannya; (3) Sistem pendidikan yang terintegrasi; (4) kerja sama dengan pemerintah, perguruan tinggi, lembaga penelitian dalam dan luar negri serta pengguna lulusan.
2.    Untuk menampilkan kekuatannya, STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur memerlukan (1) Kurikulum yang disempurnakan yang berkelanjutan; (2) Dosen yang selalu meningkat meningkat kemampuannya; (3) Mahasiswa dan lulusan yang tinggi kemampuannya; (4) Jaringan informasi dan perpustakaan yang maju dan berkembang; (5) Fasilitas dan laboratorium yang memadai; (6) Keleluasan pengadaan dan penggunaan dana; (7) Keleluasaan hubungan kerjasama dengan pemerintah, perguruan tinggi, Alumni dan lembaga penelitian didalam dan luar negri serta penggunaan kelulusan.
3.    Kekuatan dan upaya penampilan STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur diletakkan diatas struktur akademik yang hidup dan tumbuh secara berangsur-angsur beberapa dekade yang lalu, dengan rencaan yang akan dikembangkan meliputi: (1) Matra manusia sebagai subyek dan obyek dalam proses kehidupan yaitu pendidikan jenjang kedewasaan, oleh Program Studi Ekonomi Syariah; (2) Matra manusia sebagai subyek dan obyek aturan kehidupan yang berlandaskan agama lslam dalam Muamalat; (3) Matra manusia sebagai subyek dan obyek dalam proses kehidupan yaitu pendidikan jenjanng kematangan dalam kedewsaan. oleh Program Studi Pasca Sarjana (S-2); (4) Matra manusia sebagai subyek dan obyek kehidupan sosial kemasyarakatan yang berlandaskan agama lslam dan ilmu-ilmu sosial, oleh program studi ilmu-ilmu sosial Islam; (5) Matra manusia sebagai subyek dan obyek kehidupan religius yang berlandaskan agama lslam dalam ilmu Al-Qura'n, Tafsir, Hadist, oleh program studi ilmu Al-Qura'n, Tafsir dan Hadist.
4.    Melaksakan pemataan kelembagaan dengan arahan kepemimpinan yang baik untuk membangun organisasi pendidikan yang fleksible, memiliki keleluasaan dengan fokus terhadap kebutuhan, menumbuhkan rasa memiliki yang luas dengan memperhatikan hal berikut: (1) Keterbukaan dan Kejujuran; (2) Selalu mengevaluasi struktur organisasi; (3) Menciptakan sistem penghargaan yang konsisten dengan tujuan dan sasaran; (4) Mengerti dan memenuhi kebutuhan konsuman; (5) Merangkul penggunaan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang akan membuat perubahan yang mendasar; (6) Secara aktiv mencari cara mendesentralisasikan pengendalian dan sinkron; (7) Menetapkan sebagaimana memotivasi secara efektif para pekerja ilmu; (8) Menciptakan jalan fikiran yang sadar waktu dan mengerti perlunya kecepatan dan respons yang seksama; (9) Meraih diversitas dan prespektif global, serta; (10) Menciptakan institusi yang hidup dan belajar.

D.   Analisis Kondisi Saat Ini
1.   Pendirian dan Perkembangan
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur adalah pengembangan dari Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur. Gagasan untuk mendirikan Perguruan Tinggi Islam STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur setelah muncul didirikan Yayasan Pondok Pesantren Modern “ Darul Qur’an Islamic Collage” Lampung Timur yang membina perguruan ini.
Dari lulusan STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur, umumnya dari setiap satuan pendidikan, khususnya pada tingkat lanjutan atas, setiap tahunnya terus bertambah. Sedangkan kondisi perguruan ini tidak dapat menampungnya serta tidak tertampung di berbagai Perguruan Tinggi dikarenakan persaingan dengan lulusan sekolah lainnya. Maka upaya untuk menjawab tantangan tersebut, pada tahun 2012 didirikan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur berdasarkan keputusan rapat/ musyawarah Dewan Pengurus Perguruan Islam STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur yang dituangkan dalam Surat Keputusan nomor 421 tahun 2011 tentang pendirian Fakultas Tarbiyah Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur.
Pendirian Sekolah Tinggi Ekonomi Islam STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur dilandasi pemikiran :
1.    Bahwa agama Islam melalui Dakwah, pendidikan dan pembinaan hukum yang bernafaskan Islam memegang peranan amat penting dalam pembangunan nasional guna mewujudkan masyarakat yang adil sejahtera yang di ridhoi Allah SWT.
2.    Penyebaran agama Islam menjadi kewajiban yang tiada hentinya sepanjang masa, terpikul pada pundak setiap muslim dalam semua keadaan.
3.    Pengkajian agama Islam harus diawali dengan memahami dasar-dasarnya melalui sarana dakwah, pendidikan dan pembinaan hukum yang bernafaskan islam. hal ini tidak dapat diajarkan semata-mata sebagai ilmu, tetapi harus melalui pendeatan terpadu yang menyangkut sistem maupun pelaksanaannya sehingga mampu meyakinkan, membimbing dan mengarahkan ummat manusia kepada pribadi dan prikehidupan yang seimbang antara kehidupan lahiriah dan batiniah.

Pada perkembangan selanjutnya berubah menjadi Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur jurusan Ekonomi Syariah dengan Status Terdaftar berdasarkan   kepada :
1.    Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI nomor 380 Tahun 2013.
2.    Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor AHU -1602.AH.01.04 tahun 2012.

Gagasan pendirian STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur dilandasi oleh keinginan pimpinan Perguruan untuk mencerdaskan bangsa dan khususnya meningkatkan kualitas keilmuan dan pengetahuan masyarakat sekitar dan lulusan Madrasah Aliyah (dan SMA serta SMK) STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur dan pendirian ini mendapatkan respon yang sangat baik dan masyarakat setempat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur.
Selanjutnya pada tahun 2012 seluruh jurusan pada Sekolah Tinggi Ekonomi Islam STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur telah mendapat perpanjangan izin operasional berdasarkan Keputusan DIRJEN Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Depag RI Nomor : 380 Tahun 2013 dan Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor AHU -1602.AH.01.04 tahun 2012.

2.   Analisis Potensi Internal Dan Eksternal: Swot
Analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman atau yang sering disebut dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) merupakan sebuah analisis yang terkait dengan analisis lingkungan eksternal organisasi dan analisis sumberdaya internal organisasi. Analisis Lingkungan eksternal bertujuan untuk melihat perubahan-perubahan dalam lingkungan, demografis, politik, sosial dan ekonomi yang akan mempengaruhi organisasi. Perubahan lingkungan eksternal dapat menghasilkan peluang maupun ancaman, tergantung bagaimana reaksi organisasi.
Sedangkan analisis sumberdaya internal melalui analisis kekuatan dan kelemahan organisasi yang merupakan indikator sejauh mana daya saing suatu organisasi. Dari analisis SWOT inilah dapat dilihat apakah organisasi tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut atau tidak.
a.   KEKUATAN (Strength)
STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur memiliki beberapa potensi yang dapat di kembangkan yaitu:
1)     Organisasi
Mengacu pada Statuta STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur, bahwa susunan organisasi STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur terdiri dari: (1) Yayasan; (2) Senat sekolah Tinggi; (3) Ketua Dan Pembantu Ketua; (4) Unsur Pelaksana Akademik (terdiri dari bidang pendidikan yang mencakup Jurusan/Program Studi, laboratorium/studio dan kelompok dosen, Lembaga Penelitian, Pers dan Penerbitan serta Lembaga Praktikum dan Pengabdian Masyarakat; (5) Unsur Pelaksana Administrasi adalah bagian administrasi (terdiri dari Sub bagian Administrasi Akademik, Sub Bagian Kemahasiswaan, Sub Bagian Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan dan Sub Bagian Umum; (6) Unsur penunjang (terdiri dari UPT Perpustakaan, Labotarium Bahasa, Laboratorium Komputer, Pusat Penjaminan Mutu dan pusat-pusat kajian, organisasi kemahasiswaan, organisasi alumni)
2)     Sumber Daya Manusia
a)    Mahasiswa
Mahasiswa STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur pada tahun akademik 2012 seluruh mahasiswa prodi Ekonomi Syariah, Tingkat seleksi penerimaan mahasiswa baru agak longgar.
b)   Dosen
Dosen STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur terdiri dari berjumlah 10 Dosen biasa/tetap dan 13 Dosen tidak tetap/luar biasa. Dosen tetap/biasa, dengan pendidikan akhir S.2 sebanyak 18 orang dan yang lainnya berpendidikan S.I, jabatan akademik yang dimiliki mulai lektor kepala s.d. assisten ahli.
c)    Tenaga Kependidikan
Tenaga kependidikan berjumlah 6 orang terdiri dari tenaga administrasi berjumlah 4 orang, 1 orang pustakawan dan 1 orang tenaga laboran/teknisi/penjaga. Pendidikan terakhir tenaga kependidikan adalah 6 orang lulusan SI. upaya peningkatan kualitas tenaga administrasi perlu dilaksanakan dengan intensif.
3)     Fasilitas pendukung
STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur mempunyai berbagai fasilitas pendukung kegiatan akademik selain itu, terdapat sarana tempat parkir , ruang kuliah, koprasi, aula mini ruang dosen, ruang LPM, ruang BEM, lab komputer, ruang perpustakaan, ruang arsif, ruang kantor pimpinan dan administrasi, gudang, aula belajar, peralatan kosidah modern, sepeda motor, kursi kuliah, white board, komputer, internet, telepon, printer, scaner, toa, laptop, lemari, filing kabinet, meja dan kursi kantor, kursi tamu, sound sistem, tape recorder, wirles indovision dsb.
4)     Sistem Pendidikan
Sistem Pendidikan di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur selalu ditinjau secara priodik untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan. Program Sarjana mempunyai beban maksimal 152 SKS dengan masa studi 8 semester atau 4 tahun
5)     Sistem Administrasi dan pengolahan Perguruan Tinggi
Secara kontinu terus mengembang sistem administrasi termasuk sistem imformasi pendukungnya.
6)     Beberapa indikator Efisiensi Pelaksanaan Kegiatan
7)     Kemampuan Pengelolaan Lembaga
Kuatnya komitmen pimpinan STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur dengan dukungan penuh yayasan memperkuat pengelolaan lembaga pengalaman untuk berusaha tumbuh lebih cepat dan turut mewarnai penyusunan secara pengembangan selanjutnya.
8)     Hubungan yangbaik dengan Pihak luar
STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur mempunyai kerjasama resmi dengart lembaga-lembaga pengguna untuk praktek propesi, perguruan tinggi lain serta instansi terkait untuk kerjasama perpustakaan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dan hal lainnya.

b.   KELEMAHAN (Weakness)
1)   Masih lemahnya penguasaan dan kemampuan berbahasa asing (terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris) sebagian civitas akademika.
2)   Belum meratanya keahlian dosen dengan disiplin ilmu yang dikembangkan di STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur.
3)   Kuantitas dan kualitas tenaga administrasi dan pustakawaan belum memuaskan.
4)   Belum adanya tenaga peneliti fungsional.
5)   Kualitas masukan (in put) mahasiswa masih rendah dan beragam latar belakang pendidikannya.
6)   Belum optimalnya pemberdayaan lembaga-lembaga yang ada.
7)   Belum   memadainya   sarana   dan   prasarana   penunjang   akademik, seperti perpustakaan dan bahan pustaka, laboratorium, dan media pembelajaran.
8)   Dana yang terbatas.
9)   Masih kurangnya disiplin sivitas akademika dan karyawan/pustakawan dalam posisi serta bidangnya masing-masing.
10)Masih kurangnya kesadaran dan rasa memiliki tanggung jawab sivitas akademika dan karyawan/pustakaan dalam menjaga dan memlihara kekayaan (asset) STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur.
11)Belum optimalnya koordonasi dan pengawasan.
12)Belum terbangunnya kultur akademik yang kondusif bagi terwujudnya sikap ilmiah sivitas akademika.

c.    PELUANG (Opportunity)
1)   Terbukanya kesempatan untuk pengembangan perguruan tinggi, terutama berkenaan dengan persiapan menuju STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur, melalui pengembangan sayap kemitraan serta kerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta baik dalam maupun luar negeri.
2)   Semangat reformasi dan demokratisasi yang menerpa bangsa Indonesia dipandang dapat menjadi stimulus yang positif bagi civitas akademika STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur untuk membenahi dan meningkatkan kualitas dalam berbagai aspek.
3)   Tingginya harapan masyarakat terhadap pengembangan STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur sebagai centre of excellent pengkajian Islam yang memadukan iman, ilmudanamal.
4)   Dukungan pemerintah baik pusat maupun daerah serta masyarakat Jawa Barat pada khususnya terhadap pentingnya peningkatan kehidupan beragama menambah suasana kondusif bagi STEI untuk mengoptimalkan Tri Dharma perguruan tingginya.
5)   Adanya dukungan dari masyarakat dunia Islam melalui Islamic Development Bank (IDE) dan lain-lain untuk pendanaan pengembangan fasilitas dan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan akademik seperti Workshop, seminar, dan pelatihan dosen.
6)   STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur berada dalam lingkungan masyarakat yang kuat rasa tanggung jawabnya dalam mengembangkan Islam secara komprehensif serta letak geografis yang berdekatan dengan sumber-sumber belajar, seperti posisi strategis kampus yang berada di tengah-tengah perkembangan kampus perguruan tinggi lain, sehingga memungkinkan semakin terbukanya komunikasi akademik antar perguruan tinggi.

d.   TANTANGAN (Threat)
1)   Otonomi Perguruan Tinggi  yang dicanangkan pemerintah  menantang STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur untuk lebih siap dalam berkompetisi.
2)   Penyediaan tenaga dosen, pustakawan dan administrasi oleh pemerintah untuk STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur belum memenuhi jumlah dan formasi yang dibutuhkan.
3)   Masyarakat semakin selektif dan rasional dalam memilih lembaga pendidikan. Oleh karena itu, STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur dituntut melahirkan alumni yang profesional.
4)   Cepatnya perubahan sosial politik memberikan peluang kemungkinan negatif terhadap  pertumbuhan  kependidikan  yang  akan  mengakibatkan berubahnya kebijakan.
5)   Kemajuan   teknologi   informasi   yang   menantang   STEI   Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur melahirkan lulusan yang responsif.
6)   Tuntutan pengembangan   IPTEK dan peradaban masyarakat menantang STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur untuk memiliki Jurusan dan Program Studi yang relevan.
7)   Persaingan global yang semakin ketat dari beberapa Jurusan atau Program Studi Umum dengan perguruan tinggi negeri atau swasta yang relatif lebih tua dan berpengalaman serta pemilikan fasilitas yang jauh lebih memadai didukung oleh para tenaga pengajar yang lebih pengalaman dan profesional.
8)   Pengalokasian dana dari pemerintah relatif terbatas, menantang STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur untuk memikirkan dan merencanakan altematif penggalian dana dari sektor lain.

4 komentar: