A. Visi STEI Darul Qur’an Minak Selebah
“Menjadikan STEI Darul Qur'an Minak Selebah sebagai Perguruan
Tinggi Islam yang berdaya, modern, mandiri dan berkuatitas dalam memberikan
layanan Pendidikan, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang
bernafaskan Islam”.
B.
Misi STEI Darul Qur’an Minak Selebah
1.
Mengupayakan
pendidikan yang memiliki keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan emosi dan
intelektual, jasmani dan rohani, pribadi dan sosial, ilmu pengetahuan dan
teknologi dengan kearifan tradisional.
2.
Mengantarkan
mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keluasan ilmu keislaman,
kematangan profesional, kedalaman aqidah dan keluhuran akhlak.
3.
Mengembangkan
ilmu-ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan lain melalui pengkajian dan penelitian
yang bermanfaat bagi pengembangan cakrawala pemikiran dan memberi kontribusi
terhadap konsep - konsep pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.
4.
Memberikan
kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pengabdian
alumni yang lebih profesiona! sesuai dengan tingkat perkembangan dan dinamika
masyarakat.
5.
Meningkatkan
akses informasi pendidikan yang luas dan berkualitas, didukung berbagai sumber
pembelajaran dan fasilitas pendidikan yang memadai.
6.
Menyiapkan
generasi muda masa depan yang menguasai Al-Qur'an dan ilmu pengetahuan
dan teknologi.
7.
Menyampaikan
pendidikan dan pengajaran dengan prinsip santun dan menyenangkan.
8.
Membentuk
generasi terdidik penghafal Al-Qur'an.
9.
Mengantarkan
mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keluasan ilmu keislaman,
kematangan profesional, kedalaman aqidah dan keluhuran akhlak.
10. Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan lain
melalui pengkajian dan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan cakrawala
pemikiran dan memberi kontribusi terhadap konsep - konsep pemberdayaan dan
pengembangan masyarakat.
11. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup
masyarakat melalui pengabdian alumni yang lebih profesional sesuai dengan
tingkat perkembangan dan dinamika masyarakat.
C.
Operasionalisasi
Misi STEI Darul Qur’an Minak Selebah
1.
Misi tersebut
diatas akan direalisasikan berdasarkan kekuatan yang dimiliki STEI Darul Qur’an
Minak Selebah Lampung Timur, berupa: (1) penggunaan informasi yang baik; (2)
staf pengajar yang kompeten dan tinggi mutu kemampuan dan pengabdiannya; (3)
Sistem pendidikan yang terintegrasi; (4) kerja sama dengan pemerintah,
perguruan tinggi, lembaga penelitian dalam dan luar negri serta pengguna
lulusan.
2. Untuk menampilkan kekuatannya, STEI Darul Qur’an Minak Selebah
Lampung Timur memerlukan (1) Kurikulum yang disempurnakan yang berkelanjutan;
(2) Dosen yang selalu meningkat meningkat kemampuannya; (3) Mahasiswa dan
lulusan yang tinggi kemampuannya; (4) Jaringan informasi dan perpustakaan yang
maju dan berkembang; (5) Fasilitas dan laboratorium yang memadai; (6) Keleluasan
pengadaan dan penggunaan dana; (7) Keleluasaan hubungan kerjasama dengan
pemerintah, perguruan tinggi, Alumni dan lembaga penelitian didalam dan luar
negri serta penggunaan kelulusan.
3.
Kekuatan dan
upaya penampilan STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur diletakkan
diatas struktur akademik yang hidup dan tumbuh secara berangsur-angsur beberapa
dekade yang lalu, dengan rencaan yang akan dikembangkan meliputi: (1) Matra
manusia sebagai subyek dan obyek dalam proses kehidupan yaitu pendidikan jenjang
kedewasaan, oleh Program Studi Ekonomi Syariah; (2) Matra manusia sebagai
subyek dan obyek aturan kehidupan yang berlandaskan agama lslam dalam Muamalat;
(3) Matra manusia sebagai subyek dan obyek dalam proses kehidupan yaitu
pendidikan jenjanng kematangan dalam kedewsaan. oleh Program Studi Pasca
Sarjana (S-2); (4) Matra manusia sebagai subyek dan obyek kehidupan sosial
kemasyarakatan yang berlandaskan agama lslam dan ilmu-ilmu sosial, oleh program
studi ilmu-ilmu sosial Islam; (5) Matra manusia sebagai subyek dan obyek
kehidupan religius yang berlandaskan agama lslam dalam ilmu Al-Qura'n, Tafsir,
Hadist, oleh program studi ilmu Al-Qura'n, Tafsir dan Hadist.
4.
Melaksakan
pemataan kelembagaan dengan arahan kepemimpinan yang baik untuk membangun
organisasi pendidikan yang fleksible, memiliki keleluasaan dengan fokus
terhadap kebutuhan, menumbuhkan rasa memiliki yang luas dengan memperhatikan
hal berikut: (1) Keterbukaan dan Kejujuran; (2) Selalu mengevaluasi struktur
organisasi; (3) Menciptakan sistem penghargaan yang konsisten dengan tujuan dan
sasaran; (4) Mengerti dan memenuhi kebutuhan konsuman; (5) Merangkul penggunaan
ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang akan membuat perubahan yang mendasar; (6)
Secara aktiv mencari cara mendesentralisasikan pengendalian dan sinkron; (7)
Menetapkan sebagaimana memotivasi secara efektif para pekerja ilmu; (8)
Menciptakan jalan fikiran yang sadar waktu dan mengerti perlunya kecepatan dan
respons yang seksama; (9) Meraih diversitas dan prespektif global, serta; (10)
Menciptakan institusi yang hidup dan belajar.
D.
Analisis
Kondisi Saat Ini
1. Pendirian dan Perkembangan
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) STEI Darul Qur’an Minak
Selebah Lampung Timur adalah pengembangan dari Perguruan Tinggi Agama Islam
(PTAI) STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur. Gagasan untuk mendirikan
Perguruan Tinggi Islam STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur setelah
muncul didirikan Yayasan Pondok Pesantren Modern “ Darul Qur’an Islamic
Collage” Lampung Timur yang membina perguruan ini.
Dari lulusan STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur,
umumnya dari setiap satuan pendidikan, khususnya pada tingkat lanjutan atas,
setiap tahunnya terus bertambah. Sedangkan kondisi perguruan ini tidak dapat
menampungnya serta tidak tertampung di berbagai Perguruan Tinggi dikarenakan
persaingan dengan lulusan sekolah lainnya. Maka upaya untuk menjawab tantangan
tersebut, pada tahun 2012 didirikan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) STEI Darul
Qur’an Minak Selebah Lampung Timur berdasarkan keputusan rapat/ musyawarah
Dewan Pengurus Perguruan Islam STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur
yang dituangkan dalam Surat Keputusan nomor 421 tahun 2011 tentang pendirian
Fakultas Tarbiyah Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) STEI Darul Qur’an Minak
Selebah Lampung Timur.
Pendirian Sekolah Tinggi Ekonomi Islam STEI Darul Qur’an Minak
Selebah Lampung Timur dilandasi pemikiran :
1.
Bahwa agama
Islam melalui Dakwah, pendidikan dan pembinaan hukum yang bernafaskan Islam
memegang peranan amat penting dalam pembangunan nasional guna mewujudkan
masyarakat yang adil sejahtera yang di ridhoi Allah SWT.
2.
Penyebaran
agama Islam menjadi kewajiban yang tiada hentinya sepanjang masa, terpikul pada
pundak setiap muslim dalam semua keadaan.
3.
Pengkajian
agama Islam harus diawali dengan memahami dasar-dasarnya melalui sarana dakwah,
pendidikan dan pembinaan hukum yang bernafaskan islam. hal ini tidak dapat
diajarkan semata-mata sebagai ilmu, tetapi harus melalui pendeatan terpadu yang
menyangkut sistem maupun pelaksanaannya sehingga mampu meyakinkan, membimbing
dan mengarahkan ummat manusia kepada pribadi dan prikehidupan yang seimbang
antara kehidupan lahiriah dan batiniah.
Pada perkembangan selanjutnya berubah menjadi Sekolah Tinggi
Ekonomi Islam (STEI) Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur jurusan Ekonomi
Syariah dengan Status Terdaftar berdasarkan kepada :
1.
Surat Keputusan
Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI nomor 380
Tahun 2013.
2.
Surat Keputusan
Menteri Agama RI nomor AHU -1602.AH.01.04 tahun 2012.
Gagasan pendirian STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur
dilandasi oleh keinginan pimpinan Perguruan untuk mencerdaskan bangsa dan
khususnya meningkatkan kualitas keilmuan dan pengetahuan masyarakat sekitar dan
lulusan Madrasah Aliyah (dan SMA serta SMK) STEI Darul Qur’an Minak Selebah
Lampung Timur dan pendirian ini mendapatkan respon yang sangat baik dan
masyarakat setempat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur.
Selanjutnya pada tahun 2012 seluruh jurusan pada Sekolah Tinggi
Ekonomi Islam STEI Darul Qur’an
Minak Selebah Lampung Timur telah
mendapat perpanjangan izin operasional berdasarkan Keputusan DIRJEN Pembinaan
Kelembagaan Agama Islam Depag RI Nomor : 380 Tahun 2013 dan Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor AHU -1602.AH.01.04 tahun
2012.
2.
Analisis
Potensi Internal Dan Eksternal: Swot
Analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman atau yang sering
disebut dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat) merupakan
sebuah analisis yang terkait dengan analisis lingkungan eksternal organisasi
dan analisis sumberdaya internal organisasi. Analisis Lingkungan eksternal
bertujuan untuk melihat perubahan-perubahan dalam lingkungan, demografis,
politik, sosial dan ekonomi yang akan mempengaruhi organisasi. Perubahan
lingkungan eksternal dapat menghasilkan peluang maupun ancaman, tergantung
bagaimana reaksi organisasi.
Sedangkan analisis sumberdaya internal melalui analisis kekuatan
dan kelemahan organisasi yang merupakan indikator sejauh mana daya saing suatu
organisasi. Dari analisis SWOT
inilah dapat dilihat apakah organisasi tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut
atau tidak.
a.
KEKUATAN
(Strength)
STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur memiliki beberapa
potensi yang dapat di kembangkan yaitu:
1) Organisasi
Mengacu pada
Statuta STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur, bahwa susunan organisasi
STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur terdiri dari: (1) Yayasan; (2)
Senat sekolah Tinggi; (3) Ketua Dan Pembantu Ketua; (4) Unsur Pelaksana
Akademik (terdiri dari bidang pendidikan yang mencakup Jurusan/Program Studi,
laboratorium/studio dan kelompok dosen, Lembaga Penelitian, Pers dan Penerbitan
serta Lembaga Praktikum dan Pengabdian Masyarakat; (5) Unsur Pelaksana
Administrasi adalah bagian administrasi (terdiri dari Sub bagian Administrasi
Akademik, Sub Bagian Kemahasiswaan, Sub Bagian Kepegawaian, Sub Bagian Keuangan
dan Sub Bagian Umum; (6) Unsur penunjang (terdiri dari UPT Perpustakaan,
Labotarium Bahasa, Laboratorium Komputer, Pusat Penjaminan Mutu dan pusat-pusat
kajian, organisasi kemahasiswaan, organisasi alumni)
2)
Sumber Daya
Manusia
a)
Mahasiswa
Mahasiswa STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur pada tahun
akademik 2012 seluruh mahasiswa prodi Ekonomi Syariah, Tingkat seleksi
penerimaan mahasiswa baru agak longgar.
b)
Dosen
Dosen STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur terdiri dari
berjumlah 10 Dosen biasa/tetap dan 13 Dosen tidak tetap/luar biasa. Dosen
tetap/biasa, dengan pendidikan akhir S.2 sebanyak 18 orang dan yang lainnya
berpendidikan S.I, jabatan akademik yang dimiliki mulai lektor kepala s.d.
assisten ahli.
c)
Tenaga Kependidikan
Tenaga kependidikan berjumlah 6 orang terdiri dari tenaga
administrasi berjumlah 4 orang, 1 orang pustakawan dan 1 orang tenaga
laboran/teknisi/penjaga. Pendidikan terakhir tenaga kependidikan adalah 6 orang
lulusan SI. upaya peningkatan kualitas tenaga administrasi perlu dilaksanakan
dengan intensif.
3)
Fasilitas
pendukung
STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur mempunyai berbagai
fasilitas pendukung kegiatan akademik selain itu, terdapat sarana tempat parkir
, ruang kuliah, koprasi, aula mini ruang dosen, ruang LPM, ruang BEM, lab
komputer, ruang perpustakaan, ruang arsif, ruang kantor pimpinan dan
administrasi, gudang, aula belajar, peralatan kosidah modern, sepeda motor,
kursi kuliah, white board, komputer, internet, telepon, printer, scaner, toa,
laptop, lemari, filing kabinet, meja dan kursi kantor, kursi tamu, sound
sistem, tape recorder, wirles indovision dsb.
4)
Sistem
Pendidikan
Sistem Pendidikan di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam STEI Darul
Qur’an Minak Selebah Lampung Timur selalu ditinjau secara priodik untuk
menyesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan. Program Sarjana mempunyai beban
maksimal 152 SKS dengan masa studi 8 semester atau 4 tahun
5)
Sistem
Administrasi dan pengolahan Perguruan Tinggi
Secara kontinu terus mengembang sistem administrasi termasuk
sistem imformasi pendukungnya.
6)
Beberapa
indikator Efisiensi Pelaksanaan Kegiatan
7)
Kemampuan
Pengelolaan Lembaga
Kuatnya komitmen pimpinan STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung
Timur dengan dukungan penuh yayasan memperkuat pengelolaan lembaga pengalaman
untuk berusaha tumbuh lebih cepat dan turut mewarnai penyusunan secara
pengembangan selanjutnya.
8) Hubungan yangbaik dengan Pihak luar
STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur mempunyai kerjasama
resmi dengart lembaga-lembaga pengguna untuk praktek propesi, perguruan tinggi
lain serta instansi terkait untuk kerjasama perpustakaan, penelitian, dan
pengabdian masyarakat dan hal lainnya.
b.
KELEMAHAN (Weakness)
1)
Masih lemahnya
penguasaan dan kemampuan berbahasa asing (terutama bahasa Arab dan bahasa
Inggris) sebagian civitas akademika.
2)
Belum meratanya
keahlian dosen dengan disiplin ilmu yang dikembangkan di STEI Darul Qur’an
Minak Selebah Lampung Timur.
3)
Kuantitas dan
kualitas tenaga administrasi dan pustakawaan belum memuaskan.
4)
Belum adanya
tenaga peneliti fungsional.
5)
Kualitas
masukan (in put) mahasiswa masih rendah dan beragam latar belakang
pendidikannya.
6)
Belum
optimalnya pemberdayaan lembaga-lembaga yang ada.
7)
Belum memadainya sarana
dan prasarana penunjang
akademik, seperti perpustakaan dan bahan pustaka, laboratorium, dan
media pembelajaran.
8)
Dana yang
terbatas.
9)
Masih kurangnya
disiplin sivitas akademika dan karyawan/pustakawan dalam posisi serta bidangnya
masing-masing.
10)Masih kurangnya kesadaran dan rasa memiliki tanggung jawab sivitas
akademika dan karyawan/pustakaan dalam menjaga dan memlihara kekayaan (asset) STEI
Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur.
11)Belum optimalnya koordonasi dan pengawasan.
12)Belum terbangunnya kultur akademik yang kondusif bagi terwujudnya
sikap ilmiah sivitas akademika.
c.
PELUANG (Opportunity)
1)
Terbukanya
kesempatan untuk pengembangan perguruan tinggi, terutama berkenaan dengan
persiapan menuju STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur, melalui
pengembangan sayap kemitraan serta kerjasama dengan pihak pemerintah dan swasta
baik dalam maupun luar negeri.
2)
Semangat
reformasi dan demokratisasi yang menerpa bangsa Indonesia dipandang dapat
menjadi stimulus yang positif bagi civitas akademika STEI Darul Qur’an Minak
Selebah Lampung Timur untuk membenahi dan meningkatkan kualitas dalam berbagai
aspek.
3)
Tingginya
harapan masyarakat terhadap pengembangan STEI Darul Qur’an Minak Selebah
Lampung Timur sebagai centre of excellent pengkajian Islam yang
memadukan iman, ilmudanamal.
4)
Dukungan
pemerintah baik pusat maupun daerah serta masyarakat Jawa Barat pada khususnya
terhadap pentingnya peningkatan kehidupan beragama menambah suasana kondusif
bagi STEI untuk mengoptimalkan Tri Dharma perguruan tingginya.
5)
Adanya dukungan
dari masyarakat dunia Islam melalui Islamic Development Bank (IDE) dan
lain-lain untuk pendanaan pengembangan fasilitas dan penyelenggaraan
kegiatan-kegiatan akademik seperti Workshop, seminar, dan pelatihan dosen.
6)
STEI Darul
Qur’an Minak Selebah Lampung Timur berada dalam lingkungan masyarakat yang kuat
rasa tanggung jawabnya dalam mengembangkan Islam secara komprehensif serta
letak geografis yang berdekatan dengan sumber-sumber belajar, seperti posisi
strategis kampus yang berada di tengah-tengah perkembangan kampus perguruan
tinggi lain, sehingga memungkinkan semakin terbukanya komunikasi akademik antar
perguruan tinggi.
d.
TANTANGAN (Threat)
1)
Otonomi
Perguruan Tinggi yang dicanangkan pemerintah menantang STEI Darul Qur’an Minak Selebah
Lampung Timur untuk lebih siap dalam berkompetisi.
2)
Penyediaan
tenaga dosen, pustakawan dan administrasi oleh pemerintah untuk STEI Darul
Qur’an Minak Selebah Lampung Timur belum memenuhi jumlah dan formasi yang dibutuhkan.
3)
Masyarakat
semakin selektif dan rasional dalam memilih lembaga pendidikan. Oleh karena
itu, STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur dituntut melahirkan alumni
yang profesional.
4)
Cepatnya
perubahan sosial politik memberikan peluang kemungkinan negatif terhadap pertumbuhan
kependidikan yang akan
mengakibatkan berubahnya kebijakan.
5)
Kemajuan teknologi
informasi yang menantang
STEI Darul Qur’an Minak Selebah
Lampung Timur melahirkan lulusan yang responsif.
6)
Tuntutan
pengembangan IPTEK dan peradaban
masyarakat menantang STEI Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur untuk
memiliki Jurusan dan Program Studi yang relevan.
7)
Persaingan
global yang semakin ketat dari beberapa Jurusan atau Program Studi Umum dengan
perguruan tinggi negeri atau swasta yang relatif lebih tua dan berpengalaman
serta pemilikan fasilitas yang jauh lebih memadai didukung oleh para tenaga
pengajar yang lebih pengalaman dan profesional.
8) Pengalokasian dana dari pemerintah relatif terbatas, menantang STEI
Darul Qur’an Minak Selebah Lampung Timur untuk memikirkan dan merencanakan
altematif penggalian dana dari sektor lain.
ok
BalasHapusok
BalasHapusSukses dan terus berjaya untuk STEI DAQU MINAK SELEBAH.
BalasHapusBertambah sukses....
BalasHapus